Tautan-tautan Akses

Politisi Tiongkok Bo Xilai Dikeluarkan dari Parlemen


Bo Xilai diberhentikan dari Kongres Rakyat Nasional Tiongkok dan dicabut kekebalan hukumnya (Foto: dok).

Bo Xilai diberhentikan dari Kongres Rakyat Nasional Tiongkok dan dicabut kekebalan hukumnya (Foto: dok).

Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional Tiongkok mengumumkan pemberhentian Bo Xilai sebagai anggota Kongres, Jum'at (26/10).

Media resmi Tiongkok mngatakan parlemen negara itu telah mengeluarkan politisi Bo Xilai dan mencabut kekebalan hukumnya, yang membuka jalan untuk mengadilinya.

Kantor berita Xinhua mengatakan hari Jumat bahwa Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional yang ke-11 mengumumkan pemberhentian Bo Xilai sebagai anggota Kongres itu.

Bo sebelumnya sudah dikeluarkan dari Partai Komunis sebagai akibat skandal yang mengakibatkan isterinya dihukum karena melakukan pembunuhan. Bulan lalu, media pemerintah mengatakan ia akan menghadapi peradilan atas tuduhan antara lain penyalah gunaan wewenang, menerima suap, dan melakukan perbuatan yang tidak senonoh.

Hari Rabu, satu kelompok kiri Tiongkok menanda-tangani petisi yang mendesak parlemen agar jangan mengeluarkan Bo Xilai, dengan alasan ia dapat menghadapi peradilan yang tidak adil dan bermotif politik. Surat tersebut, yang ditanda-tangani oleh ratusan dosen dan mantan pejabat, dimuat dalam situs internet Tiongkok Merah yang berhaluan kiri ekstrim.

Setelah sempat menjadi bintang yang sedang menanjak dalam politik Tiongkok, Bo Xilai yang karismatik dan sering menimbulkan pertentangan itu diduga masih dihormati oeh banyak warga Tiongkok yang condong ke kiri, karena seruannya akan pemulihan komunisme zaman Mao.
XS
SM
MD
LG