Tautan-tautan Akses

Polisi Yunani Tahan 4 Orang Terkait Rencana Terorisme


Polisi memeriksa identitas orang-orang yang akan memasuki gedung pemerintah di Brussels, Belgia (16/1). (AP/Geert Vanden Wijngaert)

Polisi memeriksa identitas orang-orang yang akan memasuki gedung pemerintah di Brussels, Belgia (16/1). (AP/Geert Vanden Wijngaert)

Pihak berwenang sedang berusaha menentukan apakah keempat orang yang ditangkap adalah otak tersangka sel teroris yang dibongkar polisi Belgia Kamis.

Polisi Yunani menahan setidaknya empat orang untuk dimintai keterangan sehubungan rencana teroris yang digagalkan untuk menyerang polisi Belgia.

Sumber kepolisian mengatakan pihak berwenang sedang berusaha menentukan apakah keempat orang yang ditangkap Sabtu (17/1) itu, termasuk Abdelhamid Abaaoud, otak tersangka sel teroris yang dibongkar polisi Belgia Kamis.

Penyidik selama ini mencari Abaaoud, laki-laki Belgia asal Maroko yang diduga bersembunyi di Yunani.

Pada Kamis, polisi Belgia menggerebek satu sel teroris di Verviers, kota di Belgia timur, menewaskan dua tersangka dan menghentikan apa yang disebut seorang pejabat sebagai serangan "besar dan segera" di Belgia. Pejabat itu mengatakan beberapa anggota sel teroris itu telah kembali dari Suriah.

Belgia mengatakan sel itu berencana membunuh polisi.

Belum jelas apakah sel itu terkait serangan teroris baru-baru ini di Perancis yang menewaskan 17 orang.

Polisi telah melakukan razia dalam beberapa hari ini, menyebabkan penangkapan puluhan tersangka teroris Muslim di Eropa Barat, tempat keamanan telah secara signifikan ditingkatkan guna menjaga kemungkinan serangan.

XS
SM
MD
LG