Tautan-tautan Akses

Polisi Ukraina Geledah Kantor Pusat Partai Oposisi


Polisi anti huru-hara Ukraina melakukan patroli di kompleks gedung pemerintah di Kiev (foto: dok). Polisi menggeledah kantor partai oposisi Senin 9/12.

Polisi anti huru-hara Ukraina melakukan patroli di kompleks gedung pemerintah di Kiev (foto: dok). Polisi menggeledah kantor partai oposisi Senin 9/12.

Juru bicara pihak oposisi mengatakan polisi anti huru-hara memasuki kantor pusat Partai Fatherland, partai politik pemimpin oposisi Ukraina Yulia Tymoshenko, Senin (9/12) malam.

Partai politik pemimpin oposisi Ukraina Yulia Tymoshenko yang dipenjarakan mengatakan polisi anti huru hara telah menyerbu kantor pusat partai itu di ibukota, Kiev, hari Senin (9/12) sementara protes anti-pemerintah terus berlanjut.

Juru bicara pihak oposisi mengatakan polisi anti huru-hara memasuki kantor pusat Partai Fatherland Senin malam, mendobrak pintu dan menyita peralatan komputer. Polisi Kiev membantah klaim tersebut.

Juga hari Senin, ratusan polisi, dengan peralatan lengkap, bersiap-siap di ibukota dan mulai membongkar barikade-barikade yang dipasang oleh para demonstran di luar beberapa bangunan pemerintah. Dilaporkan belum ada bentrokan.

Dalam sebuah pernyataan di situs kepresidenan, Presiden Viktor Yanukovych mendukung usul pembicaraan yang melibatkan oposisi. Tanggalnya belum diusulkan.

Yanukovych hari Selasa bertemu dengan tiga mantan presiden Ukraina dalam upaya meredakan krisis atas penolakannya untuk menandatangani kesepakatan perdagangan Uni Eropa yang sudah lama dinantikan, dan lebih memilih hubungan yang lebih dekat dengan Rusia. Yanukovych juga akan bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton yang tiba hari Selasa dalam kunjungan dua hari.
XS
SM
MD
LG