Tautan-tautan Akses

Polisi Anti Huru-Hara Turki Bentrok dengan Demonstran


Polisi Turki menembakkan gas air mata ke arah ribuan demonstran yang menduduki Lapangan Taksim Selasa malam (11/6).

Polisi Turki menembakkan gas air mata ke arah ribuan demonstran yang menduduki Lapangan Taksim Selasa malam (11/6).

Polisi anti huru-hara Turki menembakkan gas air mata dan meriam air ke arah ribuan demonstran yang kembali menduduki Lapangan Taksim Selasa malam

Polisi anti huru-hara Turki menembakkan gas air mata dan meriam air ke arah ribuan demonstran yang Selasa malam kembali ke Lapangan Taksim setelah pasukan keamanan mengosongkan daerah itu pagi harinya.

Wartawan VOA siaran bahasa Turki mengatakan himbauan untuk menduduki lagi Lapangan Taksim membuat para demonstran kembali ke lapangan itu Selasa malam.

Keadaan ini hampir serupa dengan yang terjadi beberapa jam sebelumnya ketika polisi menguasai kembali alun-alun itu, yang telah menjadi pusat demonstrasi anti-pemerintah selama lebih dari 10 hari.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan hari Selasa mengatakan rangkaian demonstrasi itu adalah usaha sengaja untuk merusak citra dan ekonomi Turki. Ia mengatakan para demonstran “hendak mencegah bangkitnya Turki” dan mereka digunakan oleh sejumlah lembaga keuangan dan media untuk merugikan ekonomi Turki.

Tindakan polisi itu diambil setelah Erdogan setuju untuk bertemu dengan para demonstran anti-pemerintah hari Rabu. Tiga orang telah tewas sejak demonstrasi mulai hampir dua minggu lalu. Sekitar 5.000 orang cedera dan ribuan lainnya ditangkap.
XS
SM
MD
LG