Tautan-tautan Akses

Polisi Tiongkok Tangkap Seorang Penulis Tibet


Pihak berwajib di Tiongkok terus melakukan penindasan terhadap para aktivis Tibet (foto: dok).

Pihak berwajib di Tiongkok terus melakukan penindasan terhadap para aktivis Tibet (foto: dok).

Seorang penulis Tibet, Gangkye Drubpa Kyab, 33 tahun, ditangkap dari rumahnya di Seda Rabu lalu dan belum dibebaskan.

Pihak berwenang di wilayah Tibet di barat daya melanjutkan penindasan baru-baru ini terhadap aktivis anti pemerintah Tiongkok menjelang perayaan Tahun Baru Tibet minggu ini dan sebelum ulang tahun pengasingan Dalai Lama pada bulan Maret.

Berita dari provinsi Sichuan menyatakan seorang penulis Tibet, yang diidentifikasi sebagai Gangkye Drubpa Kyab, 33 tahun, telah ditahan. Menurut laporan, dia ditangkap dari rumahnya di Seda Rabu lalu dan belum dibebaskan.

Penahanannya menyusul serangkaian bakar diri, termasuk seorang biksu Tibet yang membakar dirinya di Provinsi Qinghai, Sabtu, untuk memprotes kehadiran pasukan keamanan Tiongkok di biara Bongtak, Tibet. Dua remaja Tibet, seorang biarawati dan biarawan, bunuh diri sebelumnya bulan ini.

Pada hari Jumat, Tiongkok menahan beberapa ratus orang Tibet saat mereka kembali ke Tiongkok setelah menghadiri kelas mengajar di India dengan Dalai Lama.

Pemerintah Tiongkok menuduh organisasi luar negeri, termasuk gerakan Free Tibet yang berbasis di London, mengobarkan kerusuhan.

XS
SM
MD
LG