Tautan-tautan Akses

Polisi Tiongkok Lepas Tembakan ke Arah Demonstran Tibet


Polisi India menahan seorang aktivis perempuan Tibet yang memprotes kunjungan delegasi Tiongkok ke New Delhi (foto: dok).

Polisi India menahan seorang aktivis perempuan Tibet yang memprotes kunjungan delegasi Tiongkok ke New Delhi (foto: dok).

Polisi di provinsi Sichuan hari Senin melepaskan tembakan ke arah ribuan demonstran Tibet, menewaskan setidaknya satu orang.

Beberapa saksi mata dan sebuah kelompok pengasingan di London mengatakan polisi di Tiongkok barat laut hari Senin melepaskan tembakan ke arah ribuan demonstran Tibet, menewaskan paling tidak satu orang dan melukai banyak lainnya.

Kelompok HAM Free Tibet, yang melakukan kampanye untuk otonomi Tibet, mengutip sejumlah saksi mata bahwa konfrontasi terjadi di propinsi Sichuan di persimpangan sebuah kotamadya yang disebut Luhuo oleh Tiongkok dan Draggo oleh Tibet.

Seorang biksu di pengasingan dan sejumlah saksi hari Senin memberitahu VOA bahasa Tibet sedikitnya 32 orang cedera dalam bentrokan dengan pasukan keamanan. Banyak dilaporkan dalam kondisi kritis. Ia mengatakan orang yang cedera ditampung disebuah biara dan konfrontasi masih terjadi ketika ia kehilangan kontak dengan para saksi.

Belum ada pernyataan resmi mengenai hal itu dari pihak berwenang Tiongkok. Kawasan yang didominasi warga Tibet itu mengalami serangakaian protes dan aksi bakar diri oleh penganut Buddha disana yang menuntut diakhirinya apa yang mereka sebut penindasan agama dan budaya oleh pihak berwenang Tiongkok.

XS
SM
MD
LG