Tautan-tautan Akses

Polisi Tembakkan Gas Air Mata dalam Bentrokan di Nigeria


Presiden Nigeria Goodluck Jonathan (kiri) dalam sidang di DPR Nigeria yang dipimpin Aminu Tambuwal (kanan) di Abuja (foto: dok).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan (kiri) dalam sidang di DPR Nigeria yang dipimpin Aminu Tambuwal (kanan) di Abuja (foto: dok).

Kerusuhan terjadi di Majelis Nasional Nigeria Kamis (20/11), sewaktu pasukan keamanan berusaha menghalangi ketua DPR memasuki kompleks itu.

Polisi mengatakan kepada VOA, mereka menembakkan gas air mata sewaktu terjadi bentrokan antara pasukan keamanan Nigeria dan sekitar 200 pendukung Ketua DPR Aminu Tambuwal.

Tambuwal membuat marah Partai Demokrasi Rakyat yang berkuasa karena baru-baru ini membelot ke partai oposisi, Kongres Progresif Seluruh (APC).

Suratkabar-suratkabar Nigeria melaporkan puluhan personil Dinas Keamanan Nigeria mengambil alih Majelis Nasional menjelang sidang hari Kamis yang akan dipimpin Tambuwal.

Laporan-laporan menyebutkan, ketua DPR itu awalnya memutuskan untuk tidak masuk namun sejumlah legislator lain turun tangan, merusak gerbang dan membawa Tambuwal memasuki kompleks.

DPR dijadwalkan akan membahas permohonan pemerintah untuk memperpanjang pemberlakuan keadaan darurat di tiga negara bagian di timurlaut negara itu di mana militer sedang memerangi kelompok radikal Islamis Boko Haram.

Sidang yang dibatalkan itu akan menjadi yang pertama bagi ketua DPR itu sejak ia berganti partai.

XS
SM
MD
LG