Tautan-tautan Akses

Polisi Tangkap 7 Orang dalam Bentrokan di Parlemen Nigeria


Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan meminta parlemen memperpanjang keadaan darurat di tiga negara bagian Nigeria (foto: dok).

Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan meminta parlemen memperpanjang keadaan darurat di tiga negara bagian Nigeria (foto: dok).

Polisi menangkap tujuh orang di Majelis Nasional Nigeria hari Kamis (20/11) selagi pasukan keamanan berusaha memblokir ketua DPR masuk ke dalam gedung.

Juru bicara polisi Nigeria, Emmanuel Ojukwu mengatakan kepada VOA bahwa polisi menembak gas air mata dalam bentrokan antara pasukan keamanan dengan kira-kira 200 pendukung ketua DPR Aminu Tambuwal.

Rapat DPR hari Kamis adalah pertemuan pertama sejak Tambuwal membuat marah Partai Rakyat Demokratik yang berkuasa setelah beralih ke partai yang beroposisi All Progressive Congress.

Parlemen bertemu untuk membahas permintaan Presiden Goodluck Jonathan yang menghendaki diperpanjangnya keadaan darurat di tiga negara bagian di wilayah timur laut di mana tentara Nigeria sedang berjuang melawan kelompok Islamis radikal Boko Haram.

Juru bicara Tambuwal mengatakan ketua DPR akhirnya berhasil masuk ke gedung Majelis Nasional, di mana ia bertemu dengan para senator dan kemudian mengadakan sesi tertutup dengan sesama anggota DPR.

Anggota DPR memutuskan Presiden Jonathan dapat melanjutkan perlawanan terhadap Boko Haram hingga pemungutan suara dapat diselenggarakan dalam perpanjangan waktu.

XS
SM
MD
LG