Tautan-tautan Akses

AS

Polisi AS Tangkap 34 Orang dalam Protes di Baltimore


Para demonstran melompati dan merusak mobil polisi dalam aksi protes rusuh di Baltimore, Sabtu (25/6).

Para demonstran melompati dan merusak mobil polisi dalam aksi protes rusuh di Baltimore, Sabtu (25/6).

Polisi menangkap sedikitnya 34 orang dalam protes rusuh atas kematian seorang pria kulit hitam di tahanan polisi, dalam aksi di Baltimore Sabtu (26/4).

Polisi menangkap sedikitnya 34 orang di Baltimore hari Sabtu (26/4) sementara ribuan demonstran bergerak menyatakan kemarahan atas kematian seorang laki-laki usia 25 tahun, yang menderita luka parah ketika berada dalam tahanan polisi.

Demonstrasi yang umumnya damai selama berhari-hari berubah menjadi kekerasan sporadis ketika pawai itu mencapai pusat kota, dengan beberapa kaca toko dan kaca depan mobil polisi dihancurkan.

Kepala Polisi Baltimore Anthony Batts kepada wartawan mengatakan kelompok yang lebih kecil memisahkan diri dari protes utama dan merusak properti.

Enam petugas polisi menderita luka ringan, menurut pernyataan Kepolisian Baltimore.

Pihak berwenang mengerahkan lebih dari 1.000 aparat penegak hukum di sekitar kota tersebut untuk menangani demonstrasi terbesar setiap hari yang menuntut tanggungjawab polisi sejak kematian Freddie Gray hari Minggu lalu.

Berbicara di stasiun televisi CBS hari Minggu, anggota Kongres dari negarabagian Maryland, Elijah Cummings mengatakan hubungan antara polisi dan masyarakat adalah pejuang hak-hak sipil bagi generasi sekarang. Ia menambahkan, masih belum jelas benar mengapa Gray ditangkap dan seluruh situasi itu "sangat menjengkelkan."

XS
SM
MD
LG