Tautan-tautan Akses

Polisi Tahan Aktivis HAM Jelang Eurovision di Azerbaijan


Puluhan aktivis HAM Azerbaijan melakukan unjuk rasa menjelang diselenggarakannya kontes lagu Eropa di Baku (25/5).

Puluhan aktivis HAM Azerbaijan melakukan unjuk rasa menjelang diselenggarakannya kontes lagu Eropa di Baku (25/5).

Puluhan demonstran anti-pemerintah turun ke jalan-jalan menjelang kontes lagu Eropa 'Eurovision' untuk menarik perhatian atas situasi HAM di negara itu.

Polisi di ibukota Azerbaijan, Baku, menangkap puluhan demonstran anti-pemerintah yang turun ke jalan-jalan menjelang kontes lagu Eropa untuk menarik perhatian pada situasi HAM di negara itu.

Sampai 30 orang dilaporkan ditangkap polisi hari Jumat sementara bekas republik Soviet itu bersiap untuk final kontes lagu Eurovision. Sejumlah demonstran meneriakkan tuntutan bagi kebebasan ketika mereka diseret masuk ke mobil polisi.

Azerbaijan yang kaya minyak menjadi tuan acara gemerlap itu karena lagunya memenangi kontes tersebut tahun lalu di Jerman. Pemerintah mencoba memanfaatkan Eurovision untuk meningkatkan citra Azerbaijan sebagai ekonomi berkembang yang sukses.

Tetapi aktivis setempat menangkap kehadiran media internasional untuk menarik perhatian terhadap kecenderungan otoriter pemerintah.

Beberapa aktivis menuduh negara-negara Barat telah membiarkan kebebasan di negara Kaspia itu terinjak-injak demi kepentingan minyak.
XS
SM
MD
LG