Tautan-tautan Akses

Polisi Selidiki Mantan Ketua IMF Terkait Jaringan Prostitusi


Mantan Ketua IMF, Dominique Strauss-Kahn (Foto: dok).

Mantan Ketua IMF, Dominique Strauss-Kahn (Foto: dok).

Kehidupan pribadi mantan Ketua Dana Moneter Internasional IMF, Dominique Strauss-Kahn, dilaporkan menjadi subyek penyelidikan jaringan prostitusi.

Kantor berita AFP dan Reuters, keduanya mengutip sejumlah sumber, yang mengatakan jaksa telah meminta Dominique Strauss-Kahn untuk hadir di pengadilan, sebelum polisi menginterogasinya tentang jaringan prostitusi ilegal.

Para pejabat mengatakan jaringan itu memasok pelacur untuk pesta seks dan klub-klub di Paris dan Washington. Sumber-sumber itu mengatakan mereka ingin tahu apakah Strauss-Kahn mengetahui bahwa para perempuan itu adalah pelacur, dan apakah ia tahu jika mereka dibayar dengan dana yang diperoleh secara curang.

Pejabat-pejabat mengatakan sejumlah pebisnis dan seorang komisaris polisi telah ditangkap dalam hubungan dengan penyelidikan itu.

Dominique Strauss-Kahn tadinya dianggap sebagai calon kuat dalam pemilihan presiden Perancis tahun ini, hingga penahanannya bulan Mei 2011 lalu atas tuduhan bahwa ia telah memperkosa seorang pramuwisma hotel.

Tuduhan-tuduhan itu dicabut tetapi pramuwisma hotel itu, Nafissatou Diallo, sedang mengajukan kasus perdata atas bekas Ketua IMF itu.

Bulan Oktober lalu seorang penulis Perancis memutuskan untuk tidak menggugat kasusnya terhadap Strauss-Kahn. Tristane Banon menyampaikan keputusan itu setelah jaksa mencabut tuduhan-tuduhan perkosaan yang dikenakan terhadap Strauss-Kahn.

XS
SM
MD
LG