Tautan-tautan Akses

Polisi Perbatasan Perancis Blok Kereta Pengungsi Tunisia dari Italia


Sebagian pengungsi dari Tunisia yang bermaksud melintas perbatasan dari Italia ke Perancis, Miinggu (17/4).

Sebagian pengungsi dari Tunisia yang bermaksud melintas perbatasan dari Italia ke Perancis, Miinggu (17/4).

Italia mengeluh negara-negara mitranya di Eropa telah meninggalkan Italia sendiri menangani lebih dari 20.000 pengungsi.

Italia telah mengajukan protes resmi kepada Perancis setelah polisi Perancis memblokir sebuah kereta yang membawa pendatang dari Tunisia untuk melintas perbatasan. Italia memrotes tindakan Perancis, menyebutnya tidak sah dan melanggar aturan Uni Eropa.

Para pejabat kereta api Italia mengatakan pihak berwenang Perancis menghentikan semua lalu lintas kereta api yang melintas ke kota perbatasan Menton di Perancis Mediterania dari Ventimiglia. Sementara itu, para pejabat Perancis mengatakan ada pengunjuk rasa di dalam kereta yang berencana berdemonstrasi di Perancis, dan ini, menurut mereka, mengancam ketertiban umum.

Italia mengeluh negara-negara mitranya di Eropa telah meninggalkan Italia sendiri menangani lebih dari 20.000 pengungsi, kebanyakan dari mereka dari Tunisia dan berusaha melarikan diri dari kekacauan setelah pemerintah mereka runtuh bulan Januari. Para pengungsi tersebut memenuhi pulau kecil Lampedusa di Italia, membuat para pejabat kewalahan karena fasilitas yang tersedia tidak mencukupi.

Italia mulai mengeluarkan izin bagi para pengungsi di bawah perjanjian yang mengizinkan perjalanan bebas visa antara sebagian besar dari 27 negara anggota Uni Eropa.
Tetapi, Perancis dan Jerman mengatakan mereka akan memberi izin kalau para pendatang tersebut dapat membuktikan bahwa secara finansial mereka dapat membiayai diri mereka sendiri.

XS
SM
MD
LG