Tautan-tautan Akses

Polisi New York Tangkap Seorang Tersangka Percobaan Pengeboman


Jaksa Agung Eric Holder menyebut nama tersangka sebagai Faisal Shahzad, usia 30 tahun.

Seorang warga Amerika keturunan Pakistan telah ditangkap sehubungan dengan usaha peledakan bom mobil yang gagal di Times Square, kota New York.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa pagi buta dari Washington, Jaksa Agung Eric Holder menyebut nama tersangka sebagai Faisal Shahzad yang berusia 30 tahun. Holder mengatakan Shahzad ditahan di bandar udara internasional John F. Kennedy kota New York beberapa jam sebelumnya, ketika ia hendak menaiki penerbangan ke Dubai.

Media Amerika melaporkan Shahzad akan tampil di ruang pengadilan hari ini.

Para pejabat penegak hukum mengatakan Shahzad, yang tinggal di negara bagian yang berdekatan, Connecticut, menggunakan uang tunai untuk membeli Nissan Pathfinder tahun 1993 yang ia gunakan dalam usaha pengeboman yang gagal itu. Pihak berwenang mengatakan Shahzad membeli kendaraan jip itu dari seorang pria di kota Bridgeport, di Connecticut. Shahzad kabarnya baru-baru ini kembali dari perjalanan ke Pakistan.

Kendaraan tersebut ditemukan pada Sabtu malam di dekat daerah hiburan dan wisatawan Times Square yang bersejarah kota New York. Kendaraan tersebut dimuat dengan banyak petasan, tangki gas propane, bensin, pupuk dan alat penghitung waktu.

XS
SM
MD
LG