Tautan-tautan Akses

Polisi Myanmar Cegah Mahasiswa Berunjuk Rasa ke Rangoon


Peta wilayah Myanmar

Peta wilayah Myanmar

Demonstran telah melewatkan waktu 10 hari di Letpadan, sekitar 145 kilometer sebelah utara Rangoon, dan berencana memulai kembali rali mereka hari Senin.

Truk-truk yang mengangkut polisi telah mencegah ratusan mahasiswa pemrotes berbaris menuju kota terbesar di Myanmar untuk mendesakkan reformasi pendidikan.

Para mahasiswa itu berbaris dari kota terbesar kedua Mandalay ke Rangoon, ibukota lama, sejak Januari, menuntut perubahan terhadap undang-undang pendidikan yang mereka katakan mengungkung kebebasan akademik.

Demonstran telah melewatkan waktu 10 hari di Letpadan, sekitar 145 kilometer sebelah utara Rangoon, dan berencana memulai kembali rali mereka hari Senin. Namun mereka mendapati lebih dari 10 kendaraan polisi menghadang mereka, termasuk sebuah truk meriam air, parkir di luar biara di tempat mereka menginap.

Pemerintah telah memperingatkan pekan lalu, jika mereka teruskan unjuk rasa tersebut, akan diambil tindakan untuk menegakkan peraturan dan ketertiban, keamanan dan ketenangan.

Undang-undang pendidikan yang baru itu meletakkan semua keputusan tentang kebijakan dan kurikulum pada sebuah badan yang kebanyakan terdiri atas para menteri pemerintah. Peraturan tadi melarang mahasiswa membentuk asosiasi dan mengabaikan seruan-seruan agar bahasa daerah digunakan dalam pengajaran di negara-negara bagian.

XS
SM
MD
LG