Tautan-tautan Akses

Polisi Iran Bentrok dengan Warga yang Protes Inflasi


Polisi anti huru-hara Iran siaga setelah membubarkan demonstrasi warga Teheran yang memprotes kenaikan harga-harga (3/10).

Polisi anti huru-hara Iran siaga setelah membubarkan demonstrasi warga Teheran yang memprotes kenaikan harga-harga (3/10).

Polisi di Teheran hari Rabu (3/10) bentrok dengan warga yang memprotes anjloknya nilai real, mata uang Iran, yang memicu kenaikan harga.

Video amatir dari Teheran menunjukkan para demonstran berkumpul di luar sebuah pasar di pusat ibukota, beberapa saat sebelum polisi anti huru-hara membubarkan demonstrasi yang hiruk pikuk itu.

Konfirmasi independen mengenai keakuratan video itu belum bisa diperoleh karena berbagai larangan atas liputan berita di Iran.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah menepiskan kecaman dalam negeri yang semakin meningkat atas kebijakan-kebijakan ekonominya. Nilai real atas dollar anjlok ke titik terendah pekan ini, antara lain akibat sanksi Amerika dan Eropa terhadap Iran dalam upaya menekan Iran menghentikan program pengayaan uranium yang kontroversial.

Para pedagang di kaki lima mengatakan untuk membeli satu dollar di pasar gelap diperlukan 39 ribu real. Sementara pekan lalu satu dollar setara dengan 24 ribu real.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG