Tautan-tautan Akses

Polisi Inggris Selidiki Ledakan Dekat Masjid


Muslim di London shalat Jumat di lapangan dekat pusat komunitas dan masjid BBC. (Foto: Dok)

Muslim di London shalat Jumat di lapangan dekat pusat komunitas dan masjid BBC. (Foto: Dok)

Ledakan keras terjadi dekat masjid di kota Tipton, Inggris, yang menurut polisi merupakan dugaan terorisme.

Ledakan dekat masjid di Inggris tengah diperlakukan sebagai dugaan terorisme, demikian dikatakan polisi Inggris Jumat (12/7). Tidak ada korban luka dilaporkan dalam ledakan itu, yang terjadi setelah peningkatan ketegangan terkait agama di Inggris karena pembunuhan seorang tentara Inggris.

Penduduk kota Tipton dilaporkan mendengar ledakan keras dan mendapati sejumlah paku dekat Masjid Kanz-ul-Iman, menurut polisi West Midlands.

Ledakan itu, yang terjadi sekitar pukul 1 siang waktu setempat, tampaknya terjadi sesaat sebelum shalat Jumat. Daerah sekitar masjid itu kemudian dievakuasi sebagai tindakan pencegahan.

Insiden itu terjadi pada hari yang sama dengan pemakaman tentara Lee Rigby, yang tewas pada tengah hari, diduga oleh ekstremis Muslim di satu jalan kota London.

Serangan yang terjadi pada Mei itu memicu peningkatan ketegangan agama, dan polisi melaporkan peningkatan serangan terhadap beberapa masjid dan pusat komunitas Muslim dalam minggu-minggu berikutnya.

Bulan lalu, bom rakitan ditemukan dekat masjid di Walsall, tidak jauh dari Tipton. Polisi masih menyelidiki insiden itu, yang tidak menyebabkan luka-luka, tetapi sekitar 150 orang terpaksa diungsikan.
XS
SM
MD
LG