Tautan-tautan Akses

Polisi Inggris: Warga Rusia di Pengasingan Meninggal Secara Misterius


Polisi di London sedang menyelidiki kematian pengusaha Rusia Alexander Perepilichnaya di London, yang tewas secara misterius (foto: dok).

Polisi di London sedang menyelidiki kematian pengusaha Rusia Alexander Perepilichnaya di London, yang tewas secara misterius (foto: dok).

Pihak berwenang Inggris mengatakan seorang pengusaha Rusia terkait dengan skandal Rusia yang ramai diberitakan telah meninggal secara misterius.

Polisi di kota London memberitahu VOA bahwa mereka menangani kematian Alexander Perepilichnaya sebagai “kasus yang tidak bisa dijelaskan”. Mereka sedang menunggu hasil tes toksikologi dan otopsi kedua.

Perepilichnaya usia 44 tahun jatuh dan meninggal di luar tempat tinggalnya di London tanggal 10 November. Polisi tidak mengumumkan kasus itu sampai hari Rabu setelah otopsi pertama jenazah tidak memastikan penyebab kematian.

Perepilichnaya tiga tahun lalu minta suaka di Inggris setelah memberi bukti kepada pihak berwenang Swiss mengenai siasat pencucian uang mafia Rusia.

Ia juga memberi bukti yang memberatkan para tersangka terkait kematian Sergei Magnitsky pada tahun 2009. Pengacara anti korupsi Rusia itu meninggal dipenjara setelah memaparkan siasat kecurangan pajak besar-besaran.

Beberapa orang yang terkait dengan kasus Magnitsky meninggal dunia secara misterius dan laporan media Inggris mengatakan Perepilichnaya tampaknya sehat sebelum kematiannya secara mendadak.
XS
SM
MD
LG