Tautan-tautan Akses

Polisi Hungaria Tangkap Kepala Perusahaan Penyebab Limbah Beracun


Beberapa desa di kota Devecser, barat daya ibukota Budapest, terkena tumpahan limbah beracun dari pabrik aluminium di dekatnya sejak 4 Oktober lalu.

Beberapa desa di kota Devecser, barat daya ibukota Budapest, terkena tumpahan limbah beracun dari pabrik aluminium di dekatnya sejak 4 Oktober lalu.

Perusahaan aluminium itu bertanggung jawab atas banjir limbah beracun yang menghancurkan beberapa desa di Hungaria barat minggu lalu.

Polisi Hungaria telah menangkap direktur perusahaan dari pabrik aluminium, penyebab banjir limbah beracun yang menghancurkan beberapa desa dan mengancam kehidupan beberapa sungai di Hungaria barat minggu lalu.

Perdana Menteri Victor Orban mengumumkan penangkapan Senin kepada para anggota parlemen Hungaria. Ia mengatakan pemerintah untuk sementara akan mengambil alih operasi pabrik itu di kota Devecser.

Delapan orang telah tewas akibat tumpahan limbah beracun sejak 4 Oktober lalu. Limbah itu juga menyebabkan ribuan meter kubik materi yang menyebabkan pelepuhan kulit itu tumpah dari reservoir penyimpanannya dan mengalir ke daerah sekitarnya. Lumpur ini, yang melukai lebih dari 100 orang, juga mencemarkan berbagai daerah sepanjang sungai Danube.

Kepala bencana Hungaria Tibor Dobson mengatakan Senin bahwa pekerja penyelamat menemukan tubuh korban terakhir di kota yang hancur Devecser. Ia mengatakan pekerja telah menyelesaikan 70 persen dari sebuah bendungan baru yang mengelilingi reservoir itu.

Pembangunan bendungan ini diperintahkan setelah retakan-retakan baru ditemukan Sabtu di dinding reservoir sebelah utara.

XS
SM
MD
LG