Tautan-tautan Akses

Polisi Ghana akan Lindungi Capres dan Cawapres


Peta wilayah Ghana di Afrika Barat (foto: ilustrasi).

Peta wilayah Ghana di Afrika Barat (foto: ilustrasi).

Polisi Ghana akan memberi perlindungan kepada semua calon presiden dan calon wakil presiden sebagai bagian dari langkah keamanan hingga pilpres November nanti.

Direktur Humas Kepolisian Ghana, Cephas Arthur, mengatakan polisi Ghana akan memberi perlindungan kepada semua calon presiden dan calon wakil presiden sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan yang direncanakan sampai ke pelaksanaan pemilu November nanti.

Itu akan menjadi langkah pengulangan pengamanan oleh polisi setelah menyediakan keamanan bagi calon-calon presiden dalam pemilu tahun 2012.

Berbagai media belakangan ini melaporkan, komentar politisi di berbagai platform media meningkatkan ketegangan dan mungkin bisa memicu kekerasan dalam pemilihan presiden, parlemen dan lokal. Namun, Arthur percaya, itu tidak akan terjadi.

Arthur mengatakan Inspektur Jenderal Polisi John Kudalor berencana menemui semua pihak yang berkepentingan untuk mengatasi masalah apa saja sebelum pemilu. Ia sebelumnya bertemu kelompok-kelompok pemuda dari semua parpol terdaftar di ibukota Accra dan berencana bertemu pimpinan semua partai.

Sementara itu, rakyat Ghana khawatir akan laporan belakangan ini mengenai individu dan kelompok yang mengimpor amunisi ke negara itu.

Media lokal melaporkan truk-truk pembawa senjata disita oleh petugas keamanan di perbatasan negara itu. Lainnya berspekulasi, senjata itu diimpor politisi untuk mengacau negara. Tetapi, Arthur mengatakan badan-badan keamanan siap menjaga keutuhan wilayah itu selama proses pemilihan. [ka/jm]

XS
SM
MD
LG