Tautan-tautan Akses

Polisi Ethiopia Tewaskan 17 Demonstran


Peta Oromia, Ethiopia.

Peta Oromia, Ethiopia.

Penduduk mengatakan pasukan keamanan elit pemerintah melepaskan tembakan terhadap pemrotes di tiga kampus universitas.

Para saksi mengatakan polisi Ethiopia telah menewaskan paling sedikit 17 orang demonstran dalam protes di daerah Oromia, Ethiopia, menentang rencana untuk memasukkan daerah itu ke dalam wilayah ibukota Addis Ababa.

Pihak berwenang memperkirakan jumlah kematian yang berhubungan dengan protes itu 11 dan belum mengatakan bagaimana demonstran itu tewas. Partai oposisi utama mengatakan 17 orang tewas sementara para saksi dan penduduk mengatakan jumlahnya jauh lebih tinggi.

Penduduk mengatakan kepada VOA pasukan keamanan elit pemerintah melepaskan tembakan terhadap pemrotes di tiga kampus universitas.

Demonstrasi pecah pekan lalu menentang rencana pemerintah Ethiopia untuk memasukkan sebagian Oromia ke dalam daerah ibukota. Oromia adalah daerah terbesar Ethiopia dan Oromos adalah kelompok etnik terbesar di negara itu.

Oromos mengatakan pemerintah ingin memperlemah kekuatan politik mereka. Mereka mengatakan perluasan ibukota mengancam bahasa daerah setempat, yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah Addis Ababa.

Para pejabat Ethiopia mengatakan rencana induk perluasan itu diterbitkan beberapa waktu lalu dan akan mendatangkan pelayanan kota ke daerah-daerah terpencil.

Mereka menuduh orang-orang yang mereka sebut “kekuatan anti-perdamaian” berusaha menghancurkan keharmonisan etnik Ethiopia.
XS
SM
MD
LG