Tautan-tautan Akses

AS

Polisi di Ferguson, Missouri Digugat $40 Juta


Seorang warga kulit hitam AS memberikan bunga mawar kepada polisi di Ferguson, Missouri (19/8).

Seorang warga kulit hitam AS memberikan bunga mawar kepada polisi di Ferguson, Missouri (19/8).

Petugas kepolisian di Ferguson, negara bagian Missouri, AS dituduh melanggar hak-hak sipil dalam demonstrasi damai beberapa pekan belakangan ini.

Gugatan perdata bernilai jutaan dolar diajukan ke pengadilan hari Kamis (28/8) menuduh petugas kepolisian di Ferguson, Missouri, melanggar hak-hak sipil di kota Amerika tengah itu dalam demonstrasi yang sebagian besar berlangsung damai beberapa pekan belakangan ini.

Lima penggugat menuntut $ 40 juta dalam gugatan federal yang menuduh polisi setempat menggunakan kekerasan berlebihan, menyerang, dan menahan demonstran secara tidak sah setelah kematian Michael Brown, seorang remaja kulit hitam tak bersenjata yang ditembak polisi kulit putih awal Agustus.

Kota Ferguson dan St Louis County, disebut dalam gugatan itu, juga kepala polisi dan petugas polisi dari kedua daerah tersebut.

Ratusan demonstran ditangkap dalam beberapa pekan terakhir setelah berhadapan dengan polisi yang mengenakan perlengkapan anti huru-hara. Tiga dari para penggugat dalam tuntutan itu menyatakan para petugas menembak mereka dengan peluru karet.

Dalam proses peradilan pidana terpisah, dewan juri di Missouri sedang memeriksa apakah penembak Michael Brown, petugas polisi Darren Wilson, akan menghadapi dakwaan atas kematian remaja itu.

XS
SM
MD
LG