Tautan-tautan Akses

Polisi Denmark Tahan 2 Pria Terkait Serangan di Kopenhagen


Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt (Foto: dok).

Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt (Foto: dok).

Perdana Menteri Denmark Helle Thorning-Schmidt menyebut kedua aksi penembakan tersebut sebagai "tindakan teror yang sinis terhadap Denmark."

Polisi Denmark mengatakan mereka telah menahan dua pria yang dicurigai telah menolong seorang bersenjata yang emmbunuh dua orang dalam penembakan-penembakan terpisah di Kopenhagen, hari Sabtu (14/2).

Polisi menambahkan hari Senin (16/2), kedua pria tadi dicurigai membantu dan menghasud pemuda bersenjata umur 22 tahun itu dalam melakukan penembakan-penembakan di sebuah forum bebas bicara dan di sinagoga utama di Kopenhagen.

PM Denmark Helle Thorning-Schmidt menyebut kedua aksi penembakan tersebut sebagai "tindakan teror yang sinis terhadap Denmark." Polisi menembak dan membunuh tersangka pemuda bersenjata kelahiran Denmark itu Minggu pagi setelah dia menembaki polisi dekat sebuah stasiun kereta api.

Catatan kriminalnya sebelumnya mencakup tindakan kejahatan bersenjata, menurut pihak kepolisian. Kepala intelijen Denmark Jens Madsen mengatakan, tim investigator yakin pemuda bersenjata itu mengikuti jejak kelompok radikal Islam.

XS
SM
MD
LG