Tautan-tautan Akses

Polisi dan Demonstran Bentrok di Bangladesh selagi Oposisi Serukan Pemogokan


Polisi Bangladesh menahan beberapa orang demonstran opsisi yang melakukan protes di Dhaka (foto: dok).

Polisi Bangladesh menahan beberapa orang demonstran opsisi yang melakukan protes di Dhaka (foto: dok).

Polisi Bangaldesh hari Selasa (4/12) berpatroli di jalan-jalan ibukota Dhaka, menahan beberapa orang demonstran oposisi.

Pihak berwenang di Bangladesh telah menahan demonstran yang bentrok dengan polisi dan membakar sejumlah kendaraan selagi partai Islamis terbesar di negara itu menyerukan pemogokan untuk memprotes pengadilan para pemimpinnya.

Polisi yang dilengkapi dengan perisai dan helm hari Selasa berpatroli di jalan-jalan ibukota Dhaka, menahan beberapa orang, Banyak sekolah dan bisnis ditutup karena pemogokan itu.

Para pejabat mengatakan seorang aktivis dari partai Jamaat e-Islami tewas hari Senin dalam bentrokan dengan polisi di Bangladesh utara.

Jamaat-e-Islami menuntut pihak berwenang menghentikan peradilan atas para pemimpin seniornya atas tuduhan kejahatan perang tahun 1971 untuk melepaskan Bangladesh dari Pakistan.

Tiga juta orang tewas dan ratusan ribu perempuan diperkosa dalam perang selama sembilan bulan itu. Pihak berwenang mengatakan para pemimpin Islamis itu bekerja sama dengan tentara Pakistan melakukan kekejaman selama konflik itu.

Jamaat-e-Islami menyangkal tuduhan-tuduhan itu.
XS
SM
MD
LG