Tautan-tautan Akses

Polisi China Tembaki Warga Tibet yang Rayakan HUT Dalai Lama


Polisi paramiliter China dilaporkan menembaki kerumunan orang yang merayakan hari lahir Dalai Lama di China bagian barat (foto: dok).

Polisi paramiliter China dilaporkan menembaki kerumunan orang yang merayakan hari lahir Dalai Lama di China bagian barat (foto: dok).

Sumber-sumber dari masyarakat Tibet di pengasingan mengatakan sekurang-kurangnya enam warga Tibet cedera dalam insiden di Daofu, provinsi Sichuan hari Senin (8/7).

Sumber-sumber dari masyarakat Tibet di pengasingan mengatakan sekurang-kurangnya enam warga Tibet cedera ketika polisi paramiliter China menembaki kerumunan orang yang merayakan hari lahir Dalai Lama di China bagian barat.

Pihak berwenang di kabupaten Daofu, provinsi Sichuan, hari Senin tidak mengangkat telpon, atau dengan segera meletakkan gagang telepon ketika seorang wartawan berusaha mencari pengukuhan mengenai insiden itu.

Tawu Lobsang Jinpa, seorang narapidana yang tinggal di pengasingan di India mengatakan, ia diberitahu mengenai insiden hari Sabtu itu oleh seorang biarawan Tibet yang merawat salah satu korban luka dalam peristiwa itu.

Kampanye Internasional untuk Tiber yang berbasis di London mengukuhkan penembakan itu, di mana seorang biarawan mengalami luka parah pada kepalanya.

Dikatakan, polisi menembaki sekitar 500 warga Tibet yang merayakan hari lahir Dalai Lama.
XS
SM
MD
LG