Tautan-tautan Akses

AS

Polisi Chicago Tangkap Demonstran di Luar KTT NATO


Warga bergerak menuju Michigan Avenue untuk bergabung dengan ribuan pengunjuk rasa saat penyelenggaraan KTT NATO di Chicago, MInggu (20/5).

Warga bergerak menuju Michigan Avenue untuk bergabung dengan ribuan pengunjuk rasa saat penyelenggaraan KTT NATO di Chicago, MInggu (20/5).

Polisi di Chicago telah menangkap sedikitnya 45 pengunjuk rasa setelah bentrok dengan pihak berwajib di luar lokasi KTT NATO.

Ribuan demonstran antiperang ambil bagian dalam unjuk rasa yang kebanyakan berlangsung damai, hari Minggu. Tetapi pada sore hari, beberapa demonstran berusaha menerobos barisan polisi yang mencegah mereka memasuki balai sidang di tepi danau, tempat di mana para pemimpin dan delegasi dari 50 negara bertemu.

Polisi antihuru-hara menggunakan pentungan untuk menghadapi demonstran setelah beberapa pengunjuk rasa melempari mereka dengan botol-botol dan berbagai benda lain. Pejabat kepolisian mengatakan empat polisi luka ringan akibat bentrokan itu.

Protes hari Minggu itu menyusul beberapa demonstrasi lebih kecil selama dua hari sebelumnya, yang juga kebanyakan berlangsung damai.

Sebelumnya, juga hari Minggu, polisi mengatakan dua lelaki ditahan atas tuduhan berencana membuat bom yang akan digunakan dalam pertemuan NATO.

Penahanan itu menyusul tuduhan terorisme terhadap tiga lelaki lainnya, Sabtu, karena memiliki bahan peledak. Polisi mengatakan dalam kasus tersebut, ketiga lelaki itu berencana menggunakan peralatan tersebut dalam serangan terhadap markas besar kampanye Presiden Barack Obama di Chicago, rumah Walikota Chicago Rahm Emanuel dan target-target lainnya.
XS
SM
MD
LG