Tautan-tautan Akses

AS

Polisi California Selidiki Bentrokan di Sacramento


Polisi California mengamankan demonstran yang luka-luka dalam bentrokan di Sacramento, Minggu (26/6).

Polisi California mengamankan demonstran yang luka-luka dalam bentrokan di Sacramento, Minggu (26/6).

Polisi California menyelidiki bentrokan antara demonstran kelompok kulit putih yang supremasis bentrok dengan kelompok yang anti di kota Sacramento, hari Minggu (26/6).

Polisi di California masih terus menyelidiki peristiwa di mana sebuah demonstran kelompok kulit putih yang supremasis bentrok dengan kelompok yang anti, sehingga mengakibatkan 10 orang cedera, termasuk dua orang yang berada dalam keadaan gawat.

Juru bicara California Highway Patrol mengatakan “penyelidikan yang ditingkatkan” sedang berlangsung, dan polisi sedang mengumpulkan informasi dari para saksi mata, pita rekaman video dan masyarakat pada umumnya.

Sebuah demonstrasi di depan gedung Kongres negara bagian di kota Sacramento, yang diadakan oleh kira-kira 30 orang anggota kelompok “nasionalis kulit putih”, atau yang biasa dikenal dengan kelompok supremasi kulit putih bentrok dengan kira-kira 400 orang pendemo yang anti gerakan mereka.

Kata polisi, banyak orang yang dirawat karena luka-luka tikaman dan memar. Video yang dipasang di internet menunjukkan puluhan orang ditinju, ditendang dan dipukul dengan tongkat dan pentungan. Dua orang cedera gawat akibat terkena tikaman senjata tajam.

The Southern Poverty Law Center, yang melacak kelompok-kelompok yang berideologi kebencian mengatakan, kelompok supremasi kulit putih itu diciptakan tahun lalu sebagai cabang politik kelompok yang bernama Traditionalist Youth Network, atau Jaringan Pemuda tradisional yang berusaha merekrut anak-anak muda untuk ikut dalam kelompok supremasi kulit putih itu.

Bentrokan hari Minggu itu menyusul konfrontasi yang bernada rasial bulan Februari lalu di Anaheim, California, antara pengikut kelompok supremasi Ku Klux Klan dan kelompok yang anti dengannya, yang mengakibatkan tiga orang luka-luka. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG