Tautan-tautan Akses

Polisi Belgia Tahan 6 Orang terkait Teror yang Gagal


Tiga anggota pasukan keamanan Belgia melakukan patroli di luar stasiun kereta di Brussels, di mana ditemukan paket mencurigakan, Minggu (19/6).

Tiga anggota pasukan keamanan Belgia melakukan patroli di luar stasiun kereta di Brussels, di mana ditemukan paket mencurigakan, Minggu (19/6).

Polisi Belgia menahan 6 orang hari Senin (20/6) sehubungan dengan serangan yang tidak berhasil tahun lalu di kereta api yang sedang dalam perjalanan dari Amsterdam ke Paris.

Kejaksaan federal di negara Eropa Barat itu mengatakan para tahanan sedang ditanyai dan seorang hakim akan memutuskan apakah mereka akan terus ditahan.

Enam rumah di daerah ibukota Brussels digeledah. Tidak ada senjata atau bahan peledak ditemukan.

Tingkat teror di Belgia pada tingkat kedua tertinggi setelah pihak berwenang mendakwa tiga orang pria hari Sabtu dengan tuduhan kejahatan yang berhubungan dengan teror.

Para pria tersebut dicurigai merencanakan serangan di Brussels terhadap para penonton pertandingan sepakbola Euro 2016 Belgia di tempat-tempat umum. Tingkat teror tadi berarti ancaman serangan “adalah mungkin dan kemungkinan besar” terjadi.

Tuduhan itu dikenakan setelah penggrebekan akhir pekan lalu menyebabkan penahanan 40 orang dalam penyelidikan besar.

Kantor kejaksaan mengatakan tidak ada informasi tambahan akan dikeluarkan mengenai ke-6 tahanan atau barang-barang bukti yang diambil dalam penggeledahan. [gp]

XS
SM
MD
LG