Tautan-tautan Akses

Polisi Bebaskan Wakil Ketua KPK


Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto (Foto: dok). Polisi telah membebaskan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Sabtu dini hari (24/1).

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto (Foto: dok). Polisi telah membebaskan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Sabtu dini hari (24/1).

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto yang sempat diinterogasi terkait kasus sengketa pemilihan kepala daerah di Kalimantan Tengah, meninggalkan kantor polisi dan mengatakan ia siap untuk ditanyai lebih lanjut jika dibutuhkan.

Polisi telah membebaskan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto Sabtu dini hari (24/1), sementara lebih dari 100 aktivis berkumpul di kantor KPK sebagai dukungan terhadap lembaga pemberantas korupsi itu.

Bambang, yang sempat diinterogasi terkait kasus sengketa pemilihan kepala daerah di Kalimantan Tengah, meninggalkan kantor polisi dan mengatakan ia siap untuk ditanyai lebih lanjut jika dibutuhkan.

Ia ditangkap tidak lama setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan polisi bintang tiga Letnan Jenderal Budi Gunawan, calon Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo, sebagai tersangka kasus korupsi.

Penangkapan Bambang memicu kecurigaan itu adalah balas dendam polisi dan tuntutan banyak pihak agar presiden membela KPK.

KPK sedang menyelidiki aliran dana 4,3 juta dolar dalam rekening-rekening bank Budi, yang diduga diperoleh secara ilegal termasuk penyuapan. Budi sendiri telah disahkan DPR sebagai Kapolri namun presiden memutuskan untuk menunda pelantikannya karena proses penyelidikan masih berlangsung.

Hari Jumat, Presiden Jokowi memanggil ketua KPK dan Kapolri sementara ke istana kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, dan meminta kedua lembaga itu agar menghindari gesekan politik.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG