Tautan-tautan Akses

Polisi Australia Tangkap 4 Pria Terkait Pembunuhan Pegawai Kepolisian


Polisi memeriksa dan menjaga daerah di luar kantor polisi New South Wales (NSW) di Parramatta, pinggiran kota Sydney, Australia (2/10). (Reuters/David Gray)

Polisi memeriksa dan menjaga daerah di luar kantor polisi New South Wales (NSW) di Parramatta, pinggiran kota Sydney, Australia (2/10). (Reuters/David Gray)

Cheng, seorang pegawai keuangan kepolisian, ditembak oleh seorang remaja Iran ketika ia berangkat pulang dari tempat kerjanya di Parramatta, pinggir barat kota Sydney Jumat lalu.

Polisi menangkap empat orang dalam beberapa penggerebekan hari Rabu (7/10) sehubungan dengan pembunuhan seorang pegawai sipil kepolisian, yang diyakini para pejabat terkait dengan terorisme.

Lebih dari 200 orang polisi mendatangi rumah-rumah di bagian barat Sydney dan menangkap beberapa pria, berusia 16 hingga 22 tahun, dalam penyelidikan tentang pembunuhan Curtis Cheng, menurut polisi New South Wales. Pria ke lima juga ditangkap dalam tuduhan penipuan yang tidak berhubungan dengan pembunuhan itu.

Cheng, seorang pegawai keuangan kepolisian, ditembak oleh seorang remaja Iran ketika ia berangkat pulang dari tempat kerjanya di Parramatta, pinggir barat kota Sydney Jumat lalu. Si pembunuh, Farhad Jabar yang berusia 15 tahun, ditembak mati oleh polisi.

Polisi yakin pembunuhan itu bermotif politik dan oleh karena itu terkait dengan terorisme, walaupun mereka mengatakan motivasi Jabar tidak jelas dan ia tidak terkait dengan kelompok teror apa pun. Mereka juga tidak mengetahui apakah Cheng pribadi sebagai sasarannya atau sasaran yang lebih umum karena ia seorang karyawan kepolisian.

Polisi tidak mengetahui hubungan yang mungkin antara Jabar dan para pria yang ditangkap hari Rabu, dan Wakil Komisaris Catherine Burn tidak mau mengatakan peran apa yang para pejabat yakin mereka mainkan dalam penembakan pekan lalu, disamping mengetahui tentang penembakan itu. Tetapi polisi tidak yakin Jabar bertindak sendirian. [gp]

XS
SM
MD
LG