Tautan-tautan Akses

Polisi Australia Selamatkan PM Gillard dari Demonstrasi yang Kacau


Seorang polisi Australia melindungi PM Julia Gillard dari demonstran yang tak terkendali di ibukota Canberra pada HUT Kemerdekaan Australia (26/1).

Seorang polisi Australia melindungi PM Julia Gillard dari demonstran yang tak terkendali di ibukota Canberra pada HUT Kemerdekaan Australia (26/1).

Polisi menyelamatkan PM Julia Gillard dan tokoh oposisi Tony Abbott dari kepungan demonstran yang mendukung hak-hak warga pribumi.

Polisi anti huru hara di ibukota Australia hari Kamis bertindak untuk menyelamatkan Perdana Menteri Julia Gillard dan pemimpin oposisi Tony Abbott dari kerumunan demonstran yang tidak terkendali yang mendukung hak-hak penduduk pribumi.

Foto-foto dan cuplikan tayangan televisi menunjukkan personil keamanan berpakaian preman melindungi perdana menteri sewaktu mereka membawanya keluar dari sebuah restoran di Canberra yang dikepung oleh demonstran. Sebagian demonstran menggedor-gedor jendela restoran selagi ia memimpin upacara pemberian penghargaan yang dihadiri oleh Tony Abbott.

Polisi mengatakan Gillard terguncang oleh kejadian itu, tapi tidak terluka.

Para demonstran tadinya berkumpul di dekat sekumpulan tenda reyot dan penampungan sementara di Canberra yang dikenal sebagai Kedutaan Tenda Aborigin – dalam protes menuntut hak-hak pribumi. Demonstrasi itu bertujuan menandingi peringatan hari nasional Australia pada hari Kamis.

Laporan-laporan menyatakan kritik yang dilontarkan Tony Abbott mengenai kedutaan darurat itu tampaknya telah membuat marah para demonstran.

XS
SM
MD
LG