Tautan-tautan Akses

Polisi Afghanistan Tembak 2 Wartawan Asing


Wartawan Kathy Gannon and Anja Niedringhaus, ditembak oleh polisi di Provinsi Khost, Afghanistan.

Wartawan Kathy Gannon and Anja Niedringhaus, ditembak oleh polisi di Provinsi Khost, Afghanistan.

Para pejabat Afghanistan mengatakan seorang polisi telah menembak dua wartawan perempuan asing, menewaskan satu orang dan melukai lainnya pada malam pemilihan presiden di negara itu.

Wartawan yang tewas diidentifikasi sebagai Anja Niedringhaus, 48 tahun, seorang fotografer Jerman pemenang penghargaan yang bekerja untuk kantor berita Associated Press. Reporter AP lainnya, Kathy Gannon, berada dalam kondisi stabil setelah mengalami dua luka tembak.

Pihak berwenang mengatakan polisi tersebut ditangkap menyusul insiden yang terjadi di kompleks polisi di provinsi timur Khost itu.

Kantor berita Associated Press mengatakan kedua wartawan itu berada dalam konvoi pekerja pemilu yang mengantarkan surat suara dari pusat kota Khost ke pinggiran kota ketika mereka diserang. Ketika mereka duduk dalam kendaraan mereka menunggu bergerak, seorang komandan satuan berjalan menuju mobil mereka dan berteriak "Allahu Akbar" dan menembaki mereka dengan senjata AK-47.

Niedringhaus tewas seketika dan Gannon dilaporkan dalam kondisi stabil.

Redaktur Pelaksana AP Kathleen Carroll mengatakan di New York "Anja dan Kathy bersama-sama telah menghabiskan bertahun-tahun di Afghanistan meliput konflik dan masyarakat di sana.” Ia menambahkan, "Anja adalah wartawan yang bersemangat dan dinamis yang sangat dicintai karena foto-fotonya yang berwawasan, keramah-tamahannya dan sukacita dalam hidupnya. Kami sangat berduka atas kepergiannya untuk selamanya."

Niedringhaus telah menerima berbagai penghargaan untuk karya-karyanya. Gannon adalah wartawan berwarga negara Kanada yang bertugas di Islamabad.

Serangan mematikan itu adalah yang ketiga terhadap wartawan dalam tiga minggu ini sementara kekerasan telah meningkat menjelang pemilu nasional dan lokal hari Sabtu ini.

Taliban telah berjanji akan mengacaukan pemilihan presiden dan dewan provinsi hari Sabtu ini.



XS
SM
MD
LG