Tautan-tautan Akses

Polandia Peringati 30 Tahun Pergerakan Solidaritas


Warga Polandia menggusung bendera nasional sepanjang 60 meter dalam peringatan 30 Tahun Pergerakan Solidaritas Melawan Pemerintahan Komunis (13/12).

Warga Polandia menggusung bendera nasional sepanjang 60 meter dalam peringatan 30 Tahun Pergerakan Solidaritas Melawan Pemerintahan Komunis (13/12).

Polandia hari Selasa (12/13) memperingati 30 Tahun tindakan keras Pemerintah Komunis dengan undang-undang daruratnya terhadap anggota Solidaritas Serikat Pekerja.

Peringatan ini dilakukan dengan melakukan rekonstruksi historis, acara pelayanan dan kebaktian di gereja, upacara dan demonstrasi. Ribuan demonstran bergabung dan menyuarakan protes terhadap kebijakan pemerintah serta menuntut dihukumnya mereka yang bertanggung jawab atas penindakan oleh pemerintah komunis.

Tiga puluh tahun yang lalu, pemerintah komunis Polandia mengumumkan undang-undang darurat dan mencoba untuk menumpas pergerakan solidaritas yang dipimpin oleh ketua serikat pekerja Lech Walesa.

Pergerakan ini mulai sebagai pemogokan yang merupakan respon terhadap kenaikan harga makanan, namun pada akhirnya berhasil membantu mengakhiri komunisme dalam blok Soviet.

Selama penindasan oleh pemerintah tersebut, 100 orang tewas dan ribuan orang dipenjara, termasuk Lech Walesa. Undang-undang darurat ini akhirnya dicabut tahun 1983.

Lech Walesa dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun yang sama untuk sumbangsihnya dalam pergerakan Solidaritas.

Bulan Desember 1990, ia terpilih sebagai presiden Republik of Polandia.

XS
SM
MD
LG