Tautan-tautan Akses

Polandia Akan Interogasi Roman Polanski Terkait Permintaan Ekstradisi AS


Sutradara Roman Polanski berfoto dengan piala sutradara terbaik untuk film "La Venus A La Fourrure" pada penghargaan Cesar Awards ke-39 di Paris, 2014.

Sutradara Roman Polanski berfoto dengan piala sutradara terbaik untuk film "La Venus A La Fourrure" pada penghargaan Cesar Awards ke-39 di Paris, 2014.

Pembuat film itu dituduh melakukan hubungan seks yang melanggar hukum dengan Samantha Geirner, yang berusia 13 tahun, dalam sebuah pemotretan di Los Angeles.

Jaksa-jaksa penuntut Polandia berencana menginterogasi pembuat film Roman Polanski setelah menerima permintaan untuk ekstradisinya ke Amerika Serikat atas tuduhan kejahatan seksual terhadap anak-anak pada 1977, menurut kantor kejaksaan agung, Rabu (7/1).

Jerzy Stachowicz, pengacara sutradara itu, mengatakan pada Reuters, "Kami mengukuhkan bahwa pihak Amerika telah membuat permintaan resmi untuk mengekstradisi Roman Polanski. Permintaan tersebut saat ini sedang menuju kantor jaksa penuntut di Krakow. Kami tidak tahu apa isinya, jadi kami tidak dapat mengomentari hal tersebut."

Polanski, yang lahir dari orangtua Polandia namun tinggal di Perancis, telah menghabiskan waktu di kota Krakow, bagian selatan Polandia, tempat dia berencana membuat film.

Pada Oktober tahun lalu, para jaksa penuntut di Krakow mewawancarai Polanski terkait surat perintah AS atas tuduhan pada 1977 itu. Mereka mengatakan saat itu tidak ada dasar untuk menahannya dan bahwa mereka akan menunggu permintaan ekstradisi AS sebelum menentukan langkah berikutnya.

Pembuat film itu mengaku bersalah pada 1977 karena melakukan hubungan seks yang melanggar hukum dengan Samantha Geirner, yang berusia 13 tahun, dalam sebuah pemotretan di Los Angeles, yang didorong oleh konsumsi sampanye dan narkoba.

Polanski dipenjara 42 hari sebagai bagian dari negosiasi pembelaan selama 90 hari. Ia melarikan diri dari Amerika tahun berikutnya, meyakini bahwa hakim yang menangani kasusnya akan menghapus negosiasi itu dan menjebloskannya ke penjara.

Pada 2009, Polanski ditahan di Zurich, Swiss, berkat surat perintah AS dan ditempatkan dalam tahanan rumah. Ia dibebaskan pada 2010 setelah pihak berwenang Swiss memutuskan tidak mengekstradisinya ke Amerika Serikat.

Para pengacaranya telah mencari jaminan dari otoritas Polandia bahwa ia dapat bepergian secara bebas dari dan ke Krakow untuk bekerja dalam proyek filmnya, mengenai skandal Dreyfus pada abad 19, tanpa berisiko ditahan lagi.

XS
SM
MD
LG