Tautan-tautan Akses

PM India Resmikan Bendungan Baru di Afghanistan


PM India Narendra Modi di New Delhi (Foto: dok).

PM India Narendra Modi di New Delhi (Foto: dok).

Perdana Menteri India Narendra Modi meresmikan bendungan di provinsi Herat, Afghanistan Barat, Sabtu (4/6) yang telah dikerjakan selama 40 tahun karena perang dan pergolakan di negara itu.

Bendungan Salma, yang disebut sebagai Bendungan Persahabatan Afghanistan-India oleh kedua negara, dibangun dengan $300 juta dana dari India. Kantor presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengirimkan pesan melalui twitter kepada Modi ketika ia mendarat di Herat.

“Selamat datang kepada teman saya yang terhormat @narendramodi ke tanah airnya yang kedua AFG. Saya tidak saber menunggu pembicaraan yang menggembirakan,” tulis Ghani.

Bendungan itu merupakan satu dari 200 proyek yang telah diselesaikan India di Afghanistan, dan masih banyak lagi di masa depan. “Saya ingin menyampaikan kepada bangas saya bahwa Bendigan Persahabatan Afghanistan-India ini adalah awal dari pembangunan banyak bendungan,” demikian satu dari pesan twitter Presiden Ghani.

Dalam pidato peresmiannya, Modi menekankan kekuatan hubungan negaranya dengan Afghanistan. "Perjanjian negara-negara lain mungkin mempunyai klausul yang menetapkan akhir perjanjian, tetapi perjanjian kami adalah abadi,” katanya.

Bendungan yang tingginya 107 meter dan panjangnya 550 meter itu akan mulai membangkit kira-kira 42 megawat listrik yang sebagian besar digunakan untuk perumahan dan pertanian.

“Penyelesaian bendungan persahabatan Afghanistan-India ini merupakan puncak kerja-keras oleh kira-kira 1.500 insinyur India dan Afghanistan dan tenaga ahli lain dalam keadaaan yang sangat sulit,” kata Vikas Swarup, juru bicara Kementerian Luar Negeri India kepada para wartawan.

Ini adalah kunjungan Modi yang kedua kalinya ke Afghanistan dalam enam bulan. Setelah peresmian bendungan itu, ia juga dianugerahi kehormatan sipil tertinggi Afghanistan, hadiah Amir Amanullah Khan. [gp]

XS
SM
MD
LG