Tautan-tautan Akses

PM Yunani Puji Kesepakatan Pertukaran Obligasi dengan Kreditor


Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos memuji langkah 'debt swap' atau pertukaran obligasi dengan para kreditor swasta untuk mengurangi utang Yunani.

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos memuji langkah 'debt swap' atau pertukaran obligasi dengan para kreditor swasta untuk mengurangi utang Yunani.

Kreditor swasta setuju melakukan pertukaran surat-surat berharga yang akan menghapus utang Yunani yang berjumlah 142 miliar dolar.

Perdana Menteri Yunani Lucas Papademos telah memuji sukses dari pertukaran (swap) surat-surat berharga dengan kreditor swasta guna mempertahankan kemampuan pemerintah Yunani untuk membayar utangnya.

Dalam sebuah pidato di televisi pemerintah Jumat, Papademos mengatakan, “untuk pertama kalinya, Yunani tidak menambah, tetapi mengurangi beban utang rakyatnya.”

Berdasarkan kesepakatan itu, Yunani mengatakan kreditor swasta setuju melakukan pertukaran surat-surat berharga yang akan menghapus utang negara itu yang berjumlah 142 miliar dolar dan menghindari sebuah default atau kegagalan memenuhi kewajiban finansialnya bulan ini. Yunani bermaksud mempergunakan jalur legislatif untuk memaksa kreditor lainnya menandatangani persetujuan itu.

Menyusul sebuah pertemuan dengan menteri-menteri kabinet di Parlemen, Menteri Pembangunan Anna Diamantopoulou mengatakan ia kini akan memusatkan perhatian pada perbaikan hubungan bisnis di Yunani.

Yunani telah memberlakukan langkah-langkah penghematan, memotong gaji dan pensiun serta menghapus ribuan lapangan pekerjaan di pemerintah guna memenuhi tuntutan kreditor internasional dan memperoleh paket bantuan bernilai 172 miliar dolar. Paket penyelamatan ini merupakan paket ke dua dalam dua tahun.

XS
SM
MD
LG