Tautan-tautan Akses

PM Ukraina akan Usahakan Diplomasi ke AS


PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk akan berbicara dengan Presiden AS Barack Obama hari Rabu 10/3 (foto: dok).

PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk akan berbicara dengan Presiden AS Barack Obama hari Rabu 10/3 (foto: dok).

PM Ukraina Arseniy Yatsenyuk dijadwalkan berada di Washington hari Rabu (12/3) untuk berbicara dengan Presiden Amerika Barack Obama.

Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk bersiap meningkatkan solusi diplomatik terkait krisis politik di negaranya.

Yatsenyuk dijadwalkan berada di Washington hari Rabu untuk berbicara dengan Presiden Amerika Barack Obama. Kedua pemimpin itu akan membahas kebuntuan terkait Krimea, wilayah semenanjung selatan Ukraina yang strategis dan didominasi warga berbahasa Rusia.

Sementara itu, pemerintah Krimea hari Senin secara resmi mengundang Organisasi Keamanan dan Kerjasama Eropa (OSCE) untuk memantau referendum tanggal 16 Maret, di mana warga akan memilih apakah mereka ingin Krimea bergabung dengan Rusia.

Kawanan bersenjata telah setidaknya tiga kali melarang masuk para pengamat OSCE dari perbatasan Krimea.

Sejumlah agen federal Amerika telah tiba di Ukraina untuk membantu pemerintah sementara negara itu menyelidiki dugaan korupsi oleh Presiden Viktor Yanukovych yang terguling. Duta besar Amerika untuk Ukraina hari Senin mengatakan agen-agen itu juga mencari apakah ada aset-aset yang bisa diambil kembali.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dalam pertemuan yang disiarkan lewat televisi dengan Presiden Vladimir Putin bahwa negaranya dan dunia Barat masih berbeda pendapat tentang Ukraina.

Rusia berpendapat penggulingan Yanukovych adalah penggulingan secara ilegal seorang kepala negara yang sah.
XS
SM
MD
LG