Tautan-tautan Akses

PM Ukraina: Ukraina Tak Akan Lepaskan Wilayahnya Sedikitpun


Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk

Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk

Para pemimpin Ukraina hari Minggu bertekad tidak akan menyerahkan satu sentimeterpun wilayahnya ke Rusia, sementara ribuan orang berunjuk rasa dalam demonstrasi yang mendukung dan menentang Moskow.

Ketegangan masih tinggi terkait kian dalamnya krisis di Krimea.

Perdana Menteri sementara Arseniy Yatsenyuk memimpin peringatan ulang tahun ke-200 penyair terbesar dan pahlawan nasional Ukraina Taras Shevchenko, di ibukota, Kiev.

Ia mengatakan kepada massa bahwa para ayah dan kakek Ukraina telah menumpahkan darah untuk negara tersebut. Ia menegaskan tidak akan mundur satu sentimeterpun.

Di hari yang sama, Yatsenyuk mengumumkan ia akan bertolak ke Amerika Serikat pekan ini untuk mengadakan pembicaraan tingkat tinggi mengenai krisis dengan Rusia terkait Krimea, semenanjung strategis di Ukraina Selatan yang mayoritas penduduknya berbahasa Rusia.

Seorang pejabat Gedung Putih mengukuhkan tentang pembicaraan itu, tetapi tidak ada rincian lain yang tersedia dari para pejabat Washington.

Sementara itu, pasukan Rusia memperkuat cengkeraman mereka di Krimea meskipun Amerika Serikat memperingatkan Moskow bahwa pendudukan terhadap kawasan itu akan menutup pintu diplomasi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG