Tautan-tautan Akses

PM Ukraina: Kesepakatan dengan Rusia akan Hidupkan Ekonomi


PM Ukraina Mykola Azarov dalam rapat kabinet di Kiev, Ukraina (18/12).

PM Ukraina Mykola Azarov dalam rapat kabinet di Kiev, Ukraina (18/12).

PM Ukraina Mykola Azarov mengatakan kesepakatan dana talangan baru dengan Rusia akan memungkinkan Ukraina menghidupkan kembali ekonomi dan menghindari kehancuran negara itu.

PM Ukraina Mykola Azarov mengeluarkan pernyataan tentang kesepakatan dana talangan baru dengan Rusia, Rabu (18/12), satu hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Viktor Yanukovych melangsungkan pembicaraan di Moskow. Namun demonstrasi-demonstrasi pro Uni Eropa terus berlanjut di Kiev dan kota-kota Ukraina lain.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berjanji untuk menurunkan sepertiga harga gas alam ekspor ke Ukraina dan meminjamkan dana sebesar 15 miliar dolar. Rusia diperkirakan akan memangkas harga gas untuk Ukraina, untuk sementara waktu menjadi 268,5 dolar per 1.000 meter kubik.

Pemimpin oposisi Vitaly Klitschko menanggapi berita itu dengan pesimistik, dan mengatakan kepada para pendukungnya bahwa Yanukovych telah menggadaikan kepentingan nasional dan kemerdekaan Ukraina serta prospek setiap warga Ukraina untuk memperoleh masa depan yang lebih baik.

Protes-protes anti-pemerintah di Ukraina dimulai satu bulan lalu setelah Yanukovych menolak menandatangani kesepakatan dagang dengan Uni Eropa dan malah memilih untuk mempererat hubungan dengan Rusia. Ini merupakan krisis politik terbesar di Ukraina dalam satu dekade.
XS
SM
MD
LG