Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok Wen Jiabao Berkunjung ke Inggris


PM Wen Jiabao (tengah) didampingi Menteri Kebudayaan Inggris, Jeremy Hunt dalam kunjungan ke pusat Shakespeare di Stratford-upon-Avon (26/6).

PM Wen Jiabao (tengah) didampingi Menteri Kebudayaan Inggris, Jeremy Hunt dalam kunjungan ke pusat Shakespeare di Stratford-upon-Avon (26/6).

Pemerintah Tiongkok belakangan ini menunjukkan minat yang besar pada Eropa, namun isu pelanggaran HAM masih menjadi ganjalan.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao berada di Inggris hari Minggu dalam kunjungannya ke sejumlah negara Eropa.

Ketika berkunjung ke sebuah pabrik mobil milik Tiongkok di Birmingham, Wen dihadang oleh sekelompok kecil demonstran yang menuntut kemerdekaan bagi Tibet yang dikuasai Tiongkok.

Pemimpin Tiongkok itu juga sempat menghadiri pertunjukan yang diadakan di pusat Shakespeare di Stratford-upon-Avon. Ia tiba di Inggris hari Sabtu dari Hongaria, dan hari Senin ia akan terbang ke Jerman.

Pemerintah Tiongkok belakangan ini menunjukkan minat yang besar pada Eropa. Menurut laporan pers, setelah bertemu dengan PM Inggris David Cameron, Tiongkok dan Inggris akan mengumumkan beberapa perjanjian ekonomi yang besar.

Namun, masalah pelanggaran HAM di Tiongkok dianggap sebagai isu besar di Eropa. Pemerintah Tiongkok dikecam keras karena menumpas pembangkang di dalam negeri dan mengadakan perjanjian dagang dan ekonomi dengan pemerintah-pemerintah Afrika yang otoriter.

Kata pejabat Jerman, soal-soal ini akan dibahas apabila Perdana Menteri Wen menghadiri sidang kabinet Jerman Minggu ini.

XS
SM
MD
LG