Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok: AS Bertanggung Jawab atas Hubungan Yang Tegang


Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan AS melanggar kedaulatan Beijing dengan melakukan perjanjian penjualan senjata senilai miliaran dollar dengan Taiwan.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan Amerika bertanggung jawab atas hubungan yang tegang antara Beijing dan Washington.

Wen hari Minggu mengatakan Amerika melanggar kedaulatan Beijing dengan melakukan perjanjian penjualan senjata senilai miliaran dollar dengan Taiwan serta adanya kunjungan Dalai Lama bulan Februari ke Gedung Putih.

Berbicara kepada wartawan pada penutupan masa sidang legislatif tahunan, Wen mengatakan kedua hal tersebut menyebabkan “berbagai guncangan serius” dalam hubungan Tiongkok dan Amerika.

Beijing menghimbau Washington awal tahun ini untuk membatalkan penjualan senjata dengan Taiwan. Taiwan dan Tiongkok terpisah pada masa perang sipil tahun 1949, tetapi Beijing tetap menganggap pulau itu sebagai bagian wilayahnya sambil menunggu penyatuan kembali.

Dalai Lama meninggalkan Tibet tahun 1959 setelah kegagalan usaha menumbangkan pemerintahan Tiongkok. Ia mengatakan ia tidak mencari kemerdekaan untuk Tibet, tetapi hanya otonomi yang lebih luas. Tiongkok menganggap Dalai Lama seorang separatis.

XS
SM
MD
LG