Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok Serukan Persatuan dan Patriotisme di Tibet


PM Tiongkok Wen Jiabao menyerukan ditanamkannya patriotisme warga Tibet agar tetap mendukung Beijing.

PM Tiongkok Wen Jiabao menyerukan ditanamkannya patriotisme warga Tibet agar tetap mendukung Beijing.

Pengarahan PM Wen Jiabao itu disampaikan hari Jumat dalam pertemuannya dengan pemuka agama di Tibet, Panchen Lama.

Tiongkok mengatakan Perdana Menteri Wen Jiabao memberitahu pemuka agama di Tibet yang ditunjuk Beijing untuk menggunakan pengaruhnya guna menanamkan patriotisme dan dukungan bagi Beijing di kalangan warga Tibet di Tiongkok barat daya.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan pengarahan Wen itu disampaikan hari Jumat dalam pertemuan dengan Panchen Lama. Dikatakan, perdana menteri itu meminta Panchen Lama untuk "melanjutkan penelitiannya" mengenai doktrin Budha Tibet, "guna memimpin para lama dan pengikut Budha dalam mencintai negara" dan mematuhi hukumnya.

Wen juga dikutip mengatakan "upaya-upaya lebih besar akan dilakukan" guna melindungi tradisi budaya dan kebebasan wilayah Tibet.

Pertemuan itu berlangsung selagi kelompok-kelompok warga Tibet di pengasingan melaporkan dua lagi aksi bakar diri minggu ini oleh orang Tibet yang memprotes kekuasaan Tiongkok di wilayah tersebut, dan kematian dua laki-laki yang ditembak mati saat lari dari kejaran polisi setelah ikut dalam demonstrasi anti-Tiongkok.

Aksi bakar diri di provinsi Sichuan dan Qinghai diperkirakan yang ke-20 dan ke-21 oleh biksu, biarawati atau pendukung mereka sejak tahun lalu.

XS
SM
MD
LG