Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok Keluarkan Ultimatum bagi Jepang


Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (foto: dok) mengunjungi New York dalam rangka KTT PBB.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (foto: dok) mengunjungi New York dalam rangka KTT PBB.

PM Tiongkok Wen Jiabao memperingatkan Jepang untuk segera membebaskan kapten kapal nelayan yang ditangkap di Laut Tiongkok Timur.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan Jepang akan menghadapi konsekuensi yang serius, kalau Jepang tidak membebaskan kapten kapal nelayan yang bertabrakan dengan kapal pengawal pantai Jepang di Laut Tiongkok Timur.

Kantor berita resmiTiongkok mengatakan Wen mengeluarkan ultimatum Selasa malam ketika berbicara di hadapan organisasi warga Tiongkok dan warga Amerika keturunan Tionghoa di New York. Perdana Menteri Wen mengatakan Beijing akan mengambil tindakan lebih jauh kalau kapten tersebut tidak dibebaskan.

Sekertaris Kabinet Jepang Yoshito Shengoku mengatakan kepada wartawan di Tokyo pada hari Rabu pemerintah disana bersedia mengadakan pembicaraan tingkat tinggi dengan Tiongkok mengenai hal tersebut.

Insiden 7 September tersebut, yang terjadi dekat kepulauan yang disengketakan yang diklaim kedua negara, telah meruncing menjadi perselisihan diplomatik yang paling buruk dalam beberapa tahun antara kedua negara Asia yang bersaing ini.

XS
SM
MD
LG