Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok Ingin Tuntaskan Sengketa Dagang dengan AS


Wen Jiabao mengatakan pertemuan delegasi AS-Tiongkok bulan Mei diharapkan akan mampu menyelesaikan sengketa dagang kedua negara.

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao mengatakan pertemuan tingkat tinggi antara delegasi Tiongkok dan Amerika bulan Mei diharapkan akan menciptakan peluang untuk menyelesaikan sengketa dagang dan mata uang kedua negara.

Perdana Menteri Wen hari Senin di hadapan sejumlah pemimpin perusahaan asing di Beijing mengatakan ia tidak ingin terjadi perang dagang dan mata uang.

Tambahnya, hubungan Tiongkok dan Amerika sangat penting dan sengketa kedua negara di masa lalu telah bisa diselesaikan satu demi satu.

Acara “Dialog Strategis dan Ekonomi“ yang akan berlangsung di Beijing bulan Mei akan mempertemukan pejabat-pejabat tinggi ekonomi dan kebijakan luar negeri Amerika dan Tiongkok.

Pejabat-pejabat Amerika mendesak Tiongkok supaya membiarkan nilai tukar mata uangnya naik. Mereka mengatakan nilai tukar Yuan yang rendah membuat Beijing meraih keuntungan dagang yang tidak adil karena membuat produk-produk Tiongkok lebih murah di pasar internasional.

XS
SM
MD
LG