Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok Desak Arab Saudi Agar Buka Akses Minyak


Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (Foto: dok).

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao (Foto: dok).

Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao tiba di Arab Saudi hari Sabtu dalam kunjungan pertama misi diplomatik yang juga akan membawanya ke Qatar dan Uni Emirat Arab.

Kantor berita milik pemerintah Tiongkok, Xinhua, mengatakan dalam pertemuan hari Sabtu dengan Menteri Dalam Negeri Arab Saudi, Pangeran Nayef bin Abdul-Aziz, Wen menekan Arab Saudi agar membuka sumber daya minyak dan gasnya yang besar untuk investasi Tiongkok.

Kantor berita Arab Saudi, SPA, mengatakan perusahaan minyak raksasa Saudi, Aramco, menandatangani kesepakatan dengan perusahaan Tiongkok, Sinopec, hari Sabtu untuk membangun kilang minyak di kota Yanbu di Laut Merah yang akan memproduksi 400.000 barel minyak per hari.

Wen tiba di Riyadh setelah kunjungan singkat ke Nepal pada hari yang sama.

Dalam kunjungan singkat itu, Wen bertemu dengan Perdana Menteri Nepal, Baburam Bhattari, dan menyaksikan penandatanganan beberapa perjanjian. Dia juga menjanjikan bantuan dana untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur untuk membantu membangun kembali negara itu setelah perang saudara selama satu dasawarsa yang berakhir pada tahun 2006.

XS
SM
MD
LG