Tautan-tautan Akses

PM Tiongkok dan PM Jepang Bertemu di Sela-Sela KTT ASEAN


PM Jepang Naoto Kan (depan) dan PM Tiongkok Wen Jiabao akhirnya bertemu di Hanoi hari ini, 30 Oktober 2010.

PM Jepang Naoto Kan (depan) dan PM Tiongkok Wen Jiabao akhirnya bertemu di Hanoi hari ini, 30 Oktober 2010.

Pertemuan kedua pemimpin yang dijadwalkan sebelumnya hari Jumat batal, setelah Beijing menuduh Jepang “merusak suasana” bagi pembicaraan itu.

Perdana Menteri TiongKok dan Perdana Menteri Jepang bertemu di sela-sela KTT ASEAN di Vietnam hari Sabtu, dalam upaya untuk meredakan ketegangan antara kedua kekuatan regional itu.

PM Jepang Naoto Kan dan PM Tiongkok, Wen Jiabao, tadinya dijadwalkan bertemu hari Jumat . Namun, pertemuan itu batal setelah Beijing menuduh Jepang “merusak suasana” bagi pembicaraan itu.

Kedua pihak terlibat dalam sengketa sengit atas kepulauan Senkaku, yang disebut kepulauan Diaoyu di Tiongkok, yang diklaim oleh kedua negara.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton, yang menghadiri KTT di Hanoi itu, menawarkan diri untuk membantu pembicaraan antara Tiongkok dan Jepang, dengan mengatakan, Amerika bersikap netral atas kedaulatan kepulauan itu.

Clinton juga menyambut baik penandatanganan atas Konvensi PBB Menentang Penyiksaan oleh Vietnam, yang menurut dia merupakan hasil dialog langsung dengan Amerika tentang hak asasi manusia.

XS
SM
MD
LG