Tautan-tautan Akses

PM Thailand Usulkan Pembentukan Dewan Reformasi Nasional


PM Thailand Yingluck Shinawatra hari Rabu (25/12) mengusulkan pembentukan sebuah dewan reformasi untuk menyelesaikan krisis politik di sana.

PM Thailand Yingluck Shinawatra hari Rabu (25/12) mengusulkan pembentukan sebuah dewan reformasi untuk menyelesaikan krisis politik di sana.

Dewan itu akan ditugasi mengamandemen undang-undang dasar dan menanggulangi korupsi, politik uang dan memastikan reformasi pemilu.

Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra telah mengusulkan pembentukan dewan reformasi nasional untuk mencari solusi atas kekacauan politik yang memecah belah negara itu dan melumpuhkan pemerintahan.

PM Yingluck pada hari Rabu (25/12) mengatakan dewan reformasi yang diusulkan itu akan bekerja bersama pemerintah baru yang akan dipilih tanggal 2 Februari.

Namun ia mengatakan, dewan tersebut tidak akan menjadi bagian dari pemerintah, dan bahwa anggotanya akan dipilih oleh sebuah komisi independen. Tugas dewan tersebut akan mencakup mempelajari amandemen undang-undang dasar, perubahan ekonomi, cara untuk mengatasi korupsi, dan reformasi pemilu.

Belum ada tanggapan dari pemimpin protes Suthep Thaugsuban, yang mengatakan harus ada reformasi sebelum pemilu diadakan.

Suthep bertekad akan mengganggu pemilihan umum tersebut. Pengunjuk rasa anti-pemerintah telah mencoba untuk memblokir tempat-tempat di mana para calon berusaha untuk mendaftarkan diri mereka. Mantan wakil perdana menteri itu telah memimpin protes selama berminggu-minggu, banyak yang telah menduduki gedung-gedung pemerintah di ibukota.

Perdana Menteri Yingluck Shinawatra telah membubarkan parlemen dan akan menyelenggarakan pemilihan umum dini, namun ini gagal memenuhi tuntutan oposisi agar ia mengundurkan diri.
XS
SM
MD
LG