Tautan-tautan Akses

PM Thailand Hadapi Tuduhan Penyalahgunaan Kekuasaan


Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra tiba di Mahkamah Konstitusi di Bangkok (6/5).
Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra tiba di Mahkamah Konstitusi di Bangkok (6/5).

Tuduhan tersebut terkait kasus penggantian kepala Dewan Keamanan Nasional pada 2011, yang dianggap menguntungkan Partai Pheu Thai yang dipimpin Yingluck.

Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra tampil di hadapan Mahkamah Konstitusi negara itu untuk menghadapi tuduhan penyalahgunaan kekuasaan, tuduhan yang dapat mengakibatkan dia disingkirkan dari jabatannya .

Perdana menteri itu tiba dengan tim hukumnya Selasa (6/5) di pengadilan Bangkok untuk membela dirinya terhadap tuduhan yang diajukan oleh sekelompok senator anti - pemerintah .

Tuduhan itu terkait dengan kasus penggantian kepala keamanan nasional pada tahun 2011 , sebuah langkah yang menurut para pengecamnya tidak konstitusional dan dimaksudkan untuk menguntungkan partainya, Partai Pheu Thai .

Jika didapati bersalah, Yingluck dapat diberhentikan dari jabatannya dan menghadapi larangan terjun ke dunia politik. Belum ada tanggal yang ditetapkan mengenai kapan vonis diumumkan.

Secara terpisah, Komisi Anti-Korupsi Thailand telah menuduh Yingluck melalaikan tugasnya terkait program pembelian beras oleh pemerintah yang dinilai para pengecamnya boros dan korup.

Yingluck masih bertahan setelah berbulan-bulan menghadapi protes yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahannya. Tetapi kasus-kasusnya di pengadilan sekarang ini menjadi tantangan baru bagi pemerintahannya.

Jika mahkamah memberhentikan perdana menteri dari jabatannya, para pendukungnya telah mengancam akan turun ke jalan-jalan, sehingga menimbulkan kekhawatiran baru mengenai kekerasan.
XS
SM
MD
LG