Tautan-tautan Akses

PM Thailand Bertemu Komisi Pemilu


Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra tiba di kantor Kementerian Pertahanan di luar kota Bangkok (17/1). (AP/Apichart Weerawong)

Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra tiba di kantor Kementerian Pertahanan di luar kota Bangkok (17/1). (AP/Apichart Weerawong)

Komisi telah menghendaki penundaan pemilu, dengan alasan risiko kerusuhan lebih jauh dan pemboikotan oposisi membuat pemilu tidak mungkin diselenggarakan.

Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra bertemu para pejabat komisi pemilihan umum untuk mempertimbangkan penangguhan pemilu yang dijadwalkan hari Minggu (2/2) ini.

Yingluck telah bersikeras pemilu dini itu harus diadakan sesuai dengan rencana, untuk mengakhiri krisis politik selama berbulan-bulan ini yang telah mengancam kekuasaannya.

Tetapi, komisi pemilu menghendaki pemilu ditunda, dengan alasan risiko kerusuhan lebih jauh dan pemboikotan oposisi membuat pemilu tidak mungkin diselenggarakan.

Ratusan demonstran anti-pemerintah berkumpul di luar kompleks angkatan darat dimana pertemuan itu akan diadakan nanti hari ini.

Para demonstran oposisi telah mengganggu sebagian pemilu dini dan bertekad untuk menghambat sama sekali jalan-jalan menuju tempat-tempat pemungutan suara untuk pemilu 2 Februari.

Perdana Menteri Yingluck telah menetapkan pemilu dini, membubarkan parlemen dan membentuk badan reformasi sebagai cara keluar dari krisis itu.

Tetapi, para pengunjuk rasa telah menghendaki reformasi diadakan sebelum pemilu, dengan alasan hasilnya akan dimanipulasi oleh partai Yingluck yang berkuasa, Pheu Thai.
XS
SM
MD
LG