Tautan-tautan Akses

PM Thailand Berjanji Lanjutkan Usaha Rekonsiliasi


PM Abhisit mengumumkan hal itu dalam pidato yang disiarkan televisi ke seluruh Thailand hari Jumat.

Perdana Menteri Thailand Abhisit Vejjajiva mengatakan ketertiban telah pulih di Bangkok setelah penindakan yang menimbulkan korban tewas terhadap para aktivis anti pemerintah dan kerusuhan yang terjadi kemudian di seluruh ibukota itu.

Abhisit mengumumkan hal itu dalam pidato yang disiarkan televisi ke seluruh Thailand hari Jumat, dua hari setelah pasukan keamanan menerobos masuk ke perkemahan Kaos Merah dan memaksa pengakhiran demonstrasi yang telah berlangsung selama dua bulan itu.

Perdana menteri itu berjanji untuk melanjutkan usaha-usaha rekonsiliasi nasional dengan Kaos Merah, dengan mengatakan kepada pemirsa mereka “semua tinggal di rumah yang sama.” Sebelum kekerasan minggu ini, dia mengusulkan rencana rekonsiliasi lima pasal, termasuk reformasi ekonomi dan politik.

Abhisit juga menawarkan untuk membubarkan Parlemen dan mengadakan pemilu baru tanggal 14 November – tuntutan utama Kaos Merah.

Tetapi dia membatalkan tawaran itu setelah Kaos Merah mengajukan tuntutan baru dan menolak untuk mengakhiri pendudukan mereka terhadap daerah perdagangan utama Bangkok.

XS
SM
MD
LG