Tautan-tautan Akses

PM Baru Somalia Janjikan Pemerintah yang Dapat Dipercaya


Perdana Menteri baru Somalia Abdi Farah Shirdon memberikan pidato di Mogadishu, Somalia (6/10).

Perdana Menteri baru Somalia Abdi Farah Shirdon memberikan pidato di Mogadishu, Somalia (6/10).

PM Abdi Farah Shirdoon Saaid memberitahu VOA bahwa dia akan mendasarkan agendanya pada rencana enam butir yang disusun Presiden Hassan Sheikh Mohamud.

Perdana menteri baru Somalia berjanji akan membentuk pemerintahan yang kompeten dan dapat dipercaya, yang siap bekerja membangun negara selagi lepas dari masa transisi yang didukung PBB.

Perdana Menteri Abdi Farah Shirdoon Saaid memberitahu VOA dalam wawancara pertamanya sejak memangku jabatan bahwa dia akan mendasarkan agendanya pada rencana enam butir yang disusun Presiden Hassan Sheikh Mohamud guna membangun berbagai institusi dan membuat penyesuaian-penyesuaian jika diperlukan.

Prioritas presiden termasuk menciptakan stabilitas, pemulihan ekonomi, pembangunan perdamaian, penyediaan layanan publik, persatuan nasional, dan perbaikan hubungan internasional.

Para analis mengatakan semua itu merupakan agenda yang menantang bagi negara yang tidak memiliki pemerintahan yang stabil selama dua dekade.

Ernst Hogendoorn, direktur proyek Tanduk Afrika dari International Crisis Group (ICG) mengatakan pemerintah Somalia menguasai ibukota, Mogadishu, dan beberapa wilayah, tapi berbagai faksi yang bersaing berperang di tempat-tempat lainnya.
XS
SM
MD
LG